MOS DI SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL 2011/2012

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

Oleh : Drs. Panut,

(disampaikan dalam acara MOS Tahun pelajaran 2011/2012)

Apakah belajar itu  ? Bagaimanakah kita mengetahui bahwa belajar  telah berlangsung pada seseorang ? Apakah kita belajar  ketika  guru  mengajar di kelas?

Menurut Robert M Gagne, belajar  itu merupakan suatu proses yang memungkinkan seseorang mengubah tingkah lakunya cukup cepat, dan perubahan ini bersifat relatif tetap, sehingga perubahan yang serupa tidak perlu terjadi berulang kali setiap menghadapi situasi baru.

Untuk mengetahui bahwa belajar telah berlangsung pada diri seseorang apabila dia mengamati adanya  perubahan tingkah laku pada orang tersebut, dan perubahan tersebut bertahan lama. Tentunya kita masih ingat bagaimanakah prosesnya ketika belajar naik sepeda, dalam proses tersebut melibatkan  semua bagian tubuh  yang kita miliki, konsentrasi,keseimbangan , mata ,telinga, tangan ,kaki dan yang penting otak kanan dan kiri kita bekerja cukup keras, memperkirakan memutuskan tindakan / keberanian mengambil resiko dan lainnya. Proses ini berlangsung berulang-ulang untuk menimbulkan efek penguatan ketrampilan yang baru diperolehnya. Jika proses ini berlangsung terus menerus dan karena suatu hal selama berbulan-bulan bertahun-tahun kita tidak sempat naik sepeda lagi, suatu ketika kita ingin sersepeda lagi maka  masih tetap lancar bersepeda ini yang dimaksud sebagai  hasil belajar bersifat tetap atau tahan lama.

Di sekolah akan berlangsung proses pembelajaran yang akan melatih dan mengembangkan kemampuan yang sudah ada pada diri setiap siswa yang merupakan karunia Allah SWT, dalam Model Pendidikan LCM ( Lintas Citra Manusia ) manusia dipandang telah mendapat tiga anugerah kemampuan primer ( kemampuan fisik, ratio dan kreatif) yang pada setiap manusia berbeda proporsi. Kemampuan skunder (perasaan. Imaginasi, dan gerak ) kreatif anak akan tergali secara maksimal dengan memperhatikan kedua unsur tersebut.

SMA bukan pendidikan terminal maka akan mempersiapkan kedewasaan dan  kematangan mental siswa ,siswa dipersiapkan kemampuan akademis, psikomotor dan afektif yang matang untuk studi ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Kemampuan ini dapat dirinci sbb:

  • Ketrampilan Kognitif ; cermat dalam pengamatan, daya ingat meningkat, kemudahan dalam menggunakan bilangan, efesien dalam berbahasa, memiliki imaginasi dan kreatifitas tinggi.
  • Ketrampilan Emosional ; membedakan berbagai emasi diri,mengenal emasi orang lain, merespon emosi orang lain dengan tepat, mengetahui penyebab berbagai emosi diri,mengelola emosi diri.
  • Ketrampilan Sosial ;menerima dan merasa nyaman dengan diri sendiri, membina hubungan baik dengan teman, mengembangkan sikap empati.

Ada 8 kompetensi dasar yang dikembangkan :

    1. Membaca
    2. Menulis, cermat merancang jalan pikiran
    3. Mendengar, mengaitkan bunyi dengan memori di otak,sabar mendengar wacana lawan bicara
    4. Menutur ; sinkronisasi otak dengan rasa dan lisan
    5. Menghitung ; melatih kinerja otak kiri, bernalar, mengukur, meramal/memprediksi.
    6. Mengamati ; koordinasi semua indera sehingga tinggi daya nalarnya.
    7. Mengkhayal ; melatih kinerja otak kanan berkaitan dengan berpikir lateral.
    8. Menghayati ; meningkatkan kesadaran kesejarahan masa lampau, kini dan masa datang.

Dalam belajar di kelas seorang siswa akan berhasil mencapai tujuan pembelajaran jika siswa menyelaraskan dengan apa yang dilakukan oleh langkah langkah guru dalam mengajar , langkah yang harus dilakukan siswa  itu al:

  1. Persiapan fisik dan mental , sarapan agar fisik sehat , tidak terlambat, berdoa untuk persiapan batin bahwa yang akan kita lakukan nanti selama disekolah hanya kegiatan belajar untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin.
  2. Berusaha memiliki buku pelajaran sendiri, ayng sebagaian akan disediakan di perpustakaan.
  3. Memotifasi diri secara khusus untuk mencapai tujuan belajar, hal ini akan dibantu oleh guru.
  4. Mengetahui tujuan-tujuan belajar pada saat pertemuan itu, nanti biasanya guru akan menulis atau memberitahukan sebelum pelajran dimulai.
  5. Mengarahkan perhatian, persiapkan diri anda siap menerima rangsangan belajar dapat berupa kegiatan terkoordinasi atau informasi tertulis/lisan. Pada suatu saat guru akan memberi penekanan sebuah materi penting dengan cara mengeraskan suara/ucapan suatu kalimat/kata selama mengajar, menggaris bawahi suatu kalimat.
  6. Mengikuti bimbingan guru dalam belajar dengan cara menjawab pertanyaan, mengamati suatu obyek, berdiskusi memecahkan masalah.
  7. Meningkatkan retensi atau bertahannya suatu materi yang telah pelajari , hal ini dapat dilakukan dengan menyimak materi sesering mungkin, jangan menunggu hanya akan ada ulangan.
  8. Membantu transfer belajar, menerapkan apa yang sudah dipelajari pada situasi yang baru berarti bahwa apa yang telah dipejlajari itu bersifat umum sifatnya. Buatlah kelompok untuk memecahkan masalah dari tugas guru, denga berdiskusi kelompok ada kesempatan membantu transfer belajar kepada siswa lain. Dengan langkah-langkah ini kita  merasa siap untuk menghadapi tes kapanpun yang dilakukan oleh guru.

Pelatihan senam :

Dalam belajar diperlukan  usaha untuk menyatukan otak dan badan sebagai satu kesatuan yang dapat bekerja sama, otak kita terdiri dari dua bagian kanan /otak reflek dan kiri / otak mencoba, jika hanya salah satu belahan saja yang berkerja maka tidak akan optimal maka harus dilatih untuk menghidupkan saklar otak, melatih bekerja sama secara baik  antara otak kanan dan kiri. Hal- hal ini kita akan berlatih bersama dengan kakak pendamping.

Gerakan –gerakan yang akan dilakukan :

  1. Menghidupkan saklar otak
  2. Gerakan kait reflek
  3. Gerakan silang dan gerakan satu sisi ( Honolateral )
  4. Gerakan mengaktifkan otak reflek dan mengaktifksan otak mencoba
  5. Membaca menyeberang garis tengah
  6. Menyeberang garis tengah  untuk mendengar dan mengingat
  7. Menyeberang garis tengah bila stres
  8. Gerakan untuk membaca dan kegiatan mendengar
  9. 6 kegiatan Brain Gym.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: