Tugas UT

TUGAS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

Tugas II

  1. Benarkah sebuah pernyataanbahwa “ Air di bumi ini tidak akan pernah habis, tetapi hanya berpindah tempat saja “ Berilah penjelasannya  dengan  diberi contoh ?
  1. Jika sebuah sungai telah melalui areal pertanian dan daerah pemukiman padat, Adakah terjadi pencemaran pada air permukaan maupun pada sumber air minum ? Jelaskan kemungkinan sumber polutan dan bahan polutannya ! Adakah kaitannya dengan peristiwa eutrofikasi pada sebuah perairan ? bagaimanakah penjelasannya ?
  1. Bahan-bahan polutan udara berikut bila terkonsentrasi dalam jumlah tinggi,bagaimanakah pengaruhnya bagi lingkungan global ?
  1. SO2 ; NO2
  2. CO2
  3. CFCs
  1. Jelaskan bagaimanakah hubungannya antara lapisan tanah,daur biogeokimia dengan proses fotosintesa ?
  1. Jelaskan bahwa cara pandang antroposentris belum cukup untuk menjamin kelestarian lingkungan hidup  manusia atau ekoistem ?

TUGAS LINGKUNGAN HIDUP

TUGAS III

  1. Kerusakan akan lingkungan sebagai akibat aktifitas manusia mulai disadari ketika memasuki era masyarakat peduli lingkungan, tuliskan empat tingkatan kesadaran lingkungan yang menyebabkan lahirnya etika lingkungan ? Pendekatan apa saja yang digunkan dalam etika lingkungan ?
  1. Apakah Ekoefisiensi itu ? indiktor apa saja yang digunakan untuk mengetahui keberhasilanya ? berilah contoh implementasinya dalam kehidupan sehari-hari ?
  1. Bagaimanakah definisi Pembangunan berkelanjutan yang dibuat WCED ? Sawaminatan ( Otto Soemarwoto, 2003 ) Pembangunan berkelanjutan mempunyai 4 pilar yaitu Pembangunan yang berpihak pada Lingkungan hidup; Rakyat miskin; Perempuan; Lapangan kerja , bagaimankah penjelasannya ?
  1. Sikap masyarakat terhadap Globalisasi oleh Cochrane dan Pain secara teoristis terbagi menjadi 3 posisi, Sebutan dan bagaimanakah penjelasannya ?
  1. Semakin banyaknya makanan dan minuman produk luar negeri beredar di pasaran dalam negeri jauh sampai ke kota kecamatan merupakan gejala globalisasi., Hal ini merupakan dampak positif ataukah negatif ?

Bagaimanakah cara menanggulangi dampak-dampak negatif dari arus globalisasi, khususnya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia ?

  1. Menanggapi Perubahan Iklim Global ( PIG ), Kongres Pengetahuan Nasional IX  rekomendasikan kepada dunia akademik, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Bagaimanakah bentuk rekomendasi tersebut ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: